Mengulik Wisata Kota Tua Jakarta, Sejarah dan Cara Kesananya

Meskipun sudah menjadi kota maju, Jakarta sudah lebih dulu menjadi pusat peradaban terutama di tanah Jawa. Hal ini bisa dilihat dari peninggalan sejarah yang masih dilestarikan hingga saat ini di Jakarta, seperti kota tua misalnya.

Jakarta yang selama ini terkenal sebagai kota megapolitan dan menjadi pusat bisnis tentu tak lepas dari sejarah perkembangan hingga menjadi seperti saat ini. Meskipun sudah menjadi kota maju, Jakarta sudah lebih dulu menjadi pusat peradaban terutama di tanah Jawa.

Kota Tua Jakarta

Hal ini bisa dilihat dari peninggalan sejarah yang masih dilestarikan hingga saat ini di Jakarta, seperti kota tua misalnya. Sebagai saksi perkembangan peradaban di Jakarta, kota tua senantiasa dirawat dan dilestarikan hingga saat ini menjadi sebuah tujuan wisata favorit di Jakarta. Wisata kota tua bahkan juga menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi Jakarta yang mendatangkan jutaan turis setiap tahunnya.

Sejarah Kota Tua

Jika berbicara tentang Jakarta, selain Taman Mini, Monumen Nasional dan Ancol, Kota Tua adalah salah satu ikon yang selalu menjadi destinasi tujuan para wisatawan saat berkunjung ke Jakarta.

Sejarah Kota Tua

Nuansa klasik khas jaman kolonial dengan bangunan-bangunan tua berdesain Eropa menjulang dengan kokoh di tengah hiruk pikuk kota megapolitan Jakarta. Kota tua juga kemudian dinobatkan sebagai cagar budaya sebagai simbol dan bukti perkembangan kota Jakarta. Setelah dinobatkan menjadi cagar budaya, wisata kota tua juga terus dikembangkan untuk memperkenalkan sejarah Jakarta.

Pada awalnya di masa penjajahan dulu, kota tua adalah simbol kejayaan dan kekuasaan sehingga kemudian banyak diperebutkan oleh para pemimpin yang menduduki Jakarta pada saat itu. Konon, pada masa itu jika berhasil menaklukkan kota tua adalah seorang pemimpin terkuat. Karena itulah mengapa kota tua banyak diperebutkan.

Kota tua saat ini mengacu pada seluruh bangunan yang ada di wilayah kota tua tersebut. Namun pada jaman dahulu, yang kota tua ini hanya mengacu pada satu bangunan di Kelurahan Pinangsia, Jakarta Barat. Letaknya sangat strategis, yaitu berada diantara dua Kotamadya, Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Sedangkan letak gedung tersebut juga strategis karena berbatasan dengan bangunan-bangunan penting seperti Kali Ciliwung, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Jalan Jembatan Batu.

Letaknya yang sangat strategis membuat Kota Tua menjadi pusat perdagangan di Asia. Ditambah dengan lokasinya dekat dengan sungai juga membuat daerah kota tua memiliki sumber daya alam yang melimpah. Karena keistimewaan dan kekayaannya inilah Kota Tua kemudian mendapat julukan ‘Ratu dari Timur’ serta ‘Permata Asia’. Karena itu jugalah tak heran jika pada jaman dahulu kota tua banyak menjadi rebutan, baik antara kerajaan-kerajaan di sekitarnya seperti Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Pajajaran hingga perebutan antara pihak pribumi dengan VOC. Bekas kejayaan ini juga masih bisa dilihat di wisata Kota Tua Jakarta hingga saat ini.

Ada Apa Saja di Kota Tua

Wisata Kota Tua Jakarta

Berkunjung ke Kota Tua dijamin tidak akan membuat Anda menyesal. Anda bisa menikmati desain klasik bangunan Eropa serta menjadikannya objek fotografi yang estetik, ditambah lagi berbagai pengetahuan yang bisa Anda pelajari disini. Ada beberapa destinasi wisata Kota Tua yang wajib Anda kunjungi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Taman Fathahillah

Taman Fathahillah

Setiap pengunjung yang datang ke kota tua pasti menyempatkan mengambil foto di spot ini. Taman Fathahillah ini sendiri merupakan sebuah lapangan yang terletak diantara Museum Wayang dan Museum Fathahillah. Di kawasan ini jugalah banyak disewakan sepeda untuk para turis sekedar berfoto atau berkeliling kawasan Taman Fathahillah.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa

Daya tarik yang menjadi magnet bagi para wisatawan berkunjung ke Kota Tua adalah Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan yang pada masa penjajahan dulu menjadi jalur perdagangan dunia ini saat ini juga masih aktif menjalankan perannya, meskipun tidak seramai dulu. Anda bisa menikmati romantisme suasana jaman kolonial disini. Banyak juga yang menjadikan pelabuhan ini sebagai lokasi mengambil gambar yang estetik.

Berbagai Museum di Area Kota Tua

Destinasi wisata kota Tua terakhir yang  harus Anda kunjungi adalah berbagai museum yang ada di kawasan ini.

Berbagai Museum di Area Kota Tua

Sebagai pusat perdagangan dan bisnis di jaman kolonial, Anda masih bisa melihat beberapa peninggalan kejayaan tersebut. Salah satunya bisa Anda lihat di berbagai museum yang ada di kawasan kota tua. Ada museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik serta museum Wayang.

Berbagai Museum di Area Kota Tua

Mengunjungi satu per satu museum yang ada di Kota Tua ini akan membuat Anda serasa melakukan perjalanan waktu ke masa kolonial. Anda bisa melihat sejarah perkembangan Kota Tua dan Jakarta dari masa kolonial hingga saat ini.

 

Jalan Menuju Kota Tua

Letaknya yang berada di pusat kota membuat akses ke kota tua ini tidaklah begitu sulit. Anda bisa menggunakan berbagai moda transportasi untuk menjangkau Kota Tua. Apalagi lokasinya yang dekat dengan Stasiun Kereta api juga membuat wisatawan dari luar daerah bisa menjangkau lebih mudah.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang wisata kota Tua mulai dari sejarah, apa saja yang ada di kota tua hingga bagaimana mengaksesnya. Dengan informasi ini akan menambah referensi untuk Anda sebelum berkunjung ke Kota Tua.

Untuk anda yang membutuhkan sewa mobil elf dan bus medium kami siap membantu, segera hubungi PrabuElfJakarta.com.

 

PrabuElfjakarta.com

Sewa Elf dan Bus di Jakarta yang Paling Direkomendasikan

Info Lebih Lanjut

  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Cara Pemesanan

Kategori Blog Kami

  • Tempat Wisata
  • Tips Wisata

Lainnya

  • Privacy Policy
  • Term & Condition
PrabuElfjakarta - Sewa Elf dan Bus Medium Jakarta

Jl. Raya Bojong Kulur No. 49 , Villa Nusa Indah Cibubur, Jawa Timur
0812-8044-0322

© 2019 PrabuElfJakarta | Powered and Optimized by SEOlatte