Wajib Baca Sebelum ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun binatang ragunan adalah salah satu objek wisata keluarga favorit di Jakarta. Disini pengunjung diajak mengenal sekaligus belajar tentang kekayaan fauna di Indonesia.

Setiap warga Jakarta pasti tidak asing dengan Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang ini adalah salah satu objek wisata keluarga favorit di Jakarta. Disini pengunjung diajak mengenal sekaligus belajar tentang kekayaan fauna di Indonesia.

Kebun Binatang Ragunan

Berbagai jenis hewan dirawat dan dilindungi di kebun binatang ini. Di lain sisi, tak banyak orang yang tahu tentang sejarah kebun binatang Ragunan ini. Padahal, jika bisa dibilang kebun binatang ini adalah kebun binatang tertua di Indonesia. Ragunan yang merupakan kebun binatang pertama di Indonesia ini terhitung sudah berumur 150 tahun lebih. Bagi Anda yang belum tahu, berikut adalah penjelasan lengkap tentang kebun binatang terkenal di Jakarta ini.

Sejarah Kebun Binatang Ragunan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Kebun Binatang Ragunan ini adalah kebun binatang tertua di Indonesia. Kebun binatang yang juga dikenal dengan nama Taman Margasatwa Ragunan yang didirikan pada tahun 1864 ini selalu menjadi favorit keluarga Indonesia. Bahkan hingga kini jumlah pengunjungnya sudah mencapai 4,5 juta tiap tahunnya. Kebun binatang yang awalnya dibangun di atas tanah hibah oleh Raden Saleh ini awalnya hanya seluas 10 hektar. Berdasarkan ensiklopedia yang diterbitkan pada tahun 2001, dituliskan bahwa pada awalnya di atas tanah ini tidak hanya dibangun kebun binatang, namun juga balai pertemuan, taman bioskop, kolam renang serta fasilitas olahraga lainnya.

Sejarah Kebun Binatang Ragunan

Pada tahun 1949 setelah Indonesia merdeka secara de facto, nama kebun binatag inipun diubah menjadi Kebun Binatang Cikini. Hingga saat itu kebun binatang ini sudah memiliki koleksi binatang mencapai 100 ekor. Semakin bertambahnya koleksi binatang di kebun binatang Cikini ini tentu membutuhkan ruang lebih. Karena letaknya yang berada di pusat kota, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan ekspansi, maka sebagai solusi akhirnya dilakukan pemindahan lokasi kebun binatang ke daerah baru yang saat ini dikenal dengan Kebun Binatang Ragunan. Pemindahan tersebut dilakukan saat kebun binatang ini sudah berumur 100 tahun.

Pembangunan kebun binatang baru ini membutuhkan waktu hingga 2 tahun dengan lahan seluas kurang lebih 85 hektar. Kebun Binatang Cikini kemudian berganti nama menjadi Taman Margasatwa Jakarta dan kemudian berganti nama lagi menjadi Kebun Binatang Ragunan. Perluasan area kebun binatang pun terus dilakukan seiring dengan bertambahnya jumlah hewan yang dirawat di kebun binatang ini, hingga kemudian di tahun 1999 kebun binatang ini berubah nama lagi menjadi Taman Margasatwa Ragunan. Hingga saat ini Taman Margasatwa ini sudah memiliki koleksi 968 spesies tanaman dan 335 spesies binatang dengan presentase 90% nya adalah satwa asli Indonesia.

Hewan-Hewan di Kebun Binatang Ragunan
Sebagai salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia, koleksi satwa di Ragunan tergolong lengkap. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, koleksinya kebanyakan adalah satwa asli Indonesia. Satwa-satwa koleksi Kebun Binatang Ragunan dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok diantara adalah sebagai berikut.

1. Kelompok Mamalia

Harimau Sumatra Kelompok Mamalia Kebun Binatang Ragunan

Kelompok koleksi satwa pertama dari Taman Margasatwa Ragunan ini adalah kelompok mamalia. Mamalia yang dirawat dan dipelihara disini juga merupakan mamalia asli Indonesia. Beberapa bahkan masuk dalam kategori mamalia dilindungi seperti harimau Sumatera, Beruang madu, bekantan, Siamang, Rusa Sulawesi, Tapir dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Reptil

Reptil Kebun Binatang Ragunan

Koleksi reptil kebun binatang atau taman margasatwa Ragunan ini juga cukup lengkap. Selain berbagai jenis ular, ada juga berbagai jenis biawak dan kadal, seperti biawak hitam dan kadal lidah biru yang tergolong spesies langka. Tak lupa kadal purba yang merupakan satwa endemik Indonesia Komodo juga menjadi salah satu koleksi disini.

3. Aves

Aves kelompok burung-burungan di Kebun Binatang Ragunan

Koleksi Kelompok satwa burung atau aves di kebun binatang atau taman margasatwa Ragunan ini juga tergolong lengkap. Beberapa jenis burung endemik dan langka juga dikembangbiakkan disini seperti elang Irian, beberapa spesies burung kasuari, kakaktua, burung beo, merak hingga burung unta.

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan

Untuk menunjang kenyamanan dan menambah daya tarik wisata, pihak kebun binatang juga menyediakan beberapa fasilitas tambahan. Fasilitas tambahan itu seperti taman satwa anak yang di dalamnya berisi berbagai jenis satwa jinak yang akan disukai oleh anak-anak.

Taman Satwa Anak Kebun binatang Ragunan

Ada juga fasilitas penyewaan sepeda untuk Anda yang ingin mengelilingi kebun binatang dengan cara berbeda. Ada juga beberapa jenis hewan yang disediakan untuk ditunggangi oleh pengunjung seperti kuda, unta dan gajah. Tak ketinggalan ada juga pentas satwa yang dijamin akan menghibur.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Sebagai sebuah taman marga satwa sekaligus kebun binatang, tempat ini memang tak pernah sepi pengunjung apalagi dari kelompok keluarga. Harga Tiket yang sangat murah adalah alasan mengapa objek wisata ini begitu digemari. Untuk masuk ke kebun Binatang Ragunan ini Anda cukup membayar sebesar Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap seputar destinasi atau objek wisata favorit keluarga Indonesia, Kebun Binatang Ragunan. Berkunjung ke kebun binatang ini tidak hanya bisa melihat berbagai koleksi binatang saja, namun juga belajar lebih banyak tentang kekayaan alam dan fauna Indonesia.

Sekarang saatnya merencanakan liburanmu dengan keluarga ke Taman Margasatwa Ragunan, hubungi kami untuk pemesanan mobil elf dan bus medium, kami siap mengantar anda untuk berlibur. 

PrabuElfjakarta.com

Sewa Elf dan Bus di Jakarta yang Paling Direkomendasikan

Info Lebih Lanjut

  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Cara Pemesanan

Kategori Blog Kami

  • Tempat Wisata
  • Tips Wisata

Lainnya

  • Privacy Policy
  • Term & Condition
PrabuElfjakarta - Sewa Elf dan Bus Medium Jakarta

Jl. Raya Bojong Kulur No. 49 , Villa Nusa Indah Cibubur, Jawa Timur
0812-8044-0322

© 2019 PrabuElfJakarta | Powered and Optimized by SEOlatte